SEDAP (Software for Earth-tide DAta Processing) merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung koreksi tidal gravity sebagai akibat dari keberadaan matahari dan bulan. SEDAP pertamakali diluncurkan pada tahun 2016 dengan nama VIKI, menggunakan formula yang diturunkan oleh Longman pada publikasi di tahun 1959 dalam penghitungan koreksinya. Aplikasi ini di desain dalam bentuk yang sederhana dan ringan dengan tujuan agar mudah digunakan pada saat kegiatan akuisisi di lapangan, sehingga SEDAP dapat digunakan sebagai aplikasi untuk pengolahan data cepat untuk melihat kualitas dari data pengukuran gravimeter relatif.

Dari penelitian yang kami lakukan, efek dari perubahan objek densitas bawah permukaan selang-waktu yang diukur menggunakan alat gravimeter adalah sekitar ±100-400 µgal. Sedangkan efek dari kesalahan yang diakibatkan oleh benda-benda langit (tidal) adalah sebesar ±100 µgal. Dari data tersebut terlihat bahwa efek error tidal memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap hasil pengukuran. Kesalahan sebesar ini harus ditangani dengan sangat baik guna mendapatkan hasil perhitungan yang akurat.

Untuk mengunduh program silahkan kirimkan email permintaan dengan menyebutkan nama dan institusi anda ke: gunawan[-at-]geolab.id.

Terimakasih.