Apakah Bumi itu datar?

Ataukah Bumi itu bulat?

Sebagian besar orang meyakini bahwa bentuk Bumi adalah bulat seperti bola basket. Pendapat ini bisa dianggap betul, tapi kurang tepat. Bentuk Bumi sebenarnya adalah spheroid –saya tidak mendapatkan padanannya dalam bahasa indonesia–. Spheroid merupakan bentuk yang hampir bulat, tapi tidak sempurna. Bumi memiliki bentuk yang agak mengembung di tengah (sepanjang ekuator) akibat dari gerakan rotasi dan memiliki beberapa benjolan sebagai akibat dari tarikan gravitasi bulan (terutama pada wilayah samudra).

Lalu, seperti apa sebenarnya bentuk Bumi? Untuk mengetahuinya, mari kita simak video berikut:

Video diatas adalah penampakan Bumi yang di estimasi menggunakan data yang diperoleh melalui satelit GOCE. GOCE — singkatan dari Gravity field and steady-state Ocean Circulation Explorer — merupakan satelit yang diterbangkan oleh ESA (European Space Agency) dan mengorbit sejak tahun 2009.

Satelit GOCE memiliki akselerometer yang sangat sensitif yang berguna untuk mendeteksi tarikan gravitasi yang dialaminya ketika mengorbit di luar angkasa. Ketika satelit ini melewati area yang memiliki gravitasi yang lebih tinggi dari area sebelumnya, maka kecepatannya bertambah dan kemudian angka ini dicatat. Satelit ini mengelilingi Bumi untuk memetakan sebaran nilai gravitasi Bumi di segala penjuru dunia. Nilai gravitasi yang didapat inilah yang kemudian diterjemahkan menjadi bentuk bumi, dengan pengetahuan bahwa area yang memiliki nilai gravitasi rendah berasosiasi dengan area yang memiliki elevasi tinggi di permukaan Bumi, begitu pula sebaliknya.

Hal yang menakjubkan dari sastelit GOCE ini adalah bahwa data yang diperolehnya dapat memetakan ketinggian permukaan Bumi hingga pada akurasi 1-2 cm. Luar biasa!

Leave a Comment

Categories

Upcoming Events

No results found.

facebook